Rabu, 15 Februari 2012

Terbesar Di Dunia,Pramuka Indonesia Bisa Membantu di Bidang Kesehatan

Jurnas.com | ANGGOTA pramuka di Indonesia berpotensi untuk membantu menangani masalah kesehatan di Indonesia. Hal itu mengingat jumlah anggota pramuka Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di Indonensia, yakni sekitar 22 juta orang.

Wakil Menteri Kesehatan, Prof. dr. Ali Gufron Mukti MSc PhD mengatakan, jumlah anggota pramuka tersebut berpotensi untuk didayagunakan dalam mencegah timbulnya penyakit dan mengatasi masalah kesehatan di Indonesia.

Menurut dia, gerakan Pramuka merupakan salah satu mitra potensial yang telah berperan banyak dalam membantu berbagai program pembangunan, termasuk di bidang kesehatan. "Pramuka sebagai kelompok di gugus depan dan sekolah berperan besar memberikan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," kata Ali Gufron, saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan pada acara Pelantikan/Pengukuhan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (Saka Bakti Husada) Tingkat Nasional Masa Bakti tahun 2011-2016, di Gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis (5/1).

Menurutnya, peran Pramuka perlu dikembangkan dalam membina kaum muda bangsa Indonesia, terutama dalam bidang kesehatan.

Ia menambahkan, Saka Bakti Husada memiliki 35 kecakapan khusus, terhimpun ke dalam 6 krida. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sangat membutuhkan tenaga pramuka dalam menyukseskan program Kemenkes.

Misalnya, lanjut Wamenkes, tenaga pramuka sangat dibutuhkan di beberapa daerah, seperti memberikan edukasi dan menyadarkan masyarakat dalam pemakaian jamban. Karena saat ini beberapa daerah masih rendah dalam menggunakan jamban. "Kalau Pramuka ini diberikan keterampilan membuat jamban maka secara tidak langsung lapangan pekerjaan juga bisa tercipta. Selain itu mereka juga bisa mendukung program dari Kemenkes," kata Wamenkes.

Ia menjelaskan, Kemenkes dan Saka Bakti Husada nantinya akan bergerak membina anggota Pramuka di seluruh Indonesia. Kemenkes dan dinas-dinas kesehatan juga diharapkan bisa berpartisipasi secara aktif.

0 komentar:

Posting Komentar